Translate

Quotes

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
(Pramoedya Ananta Toer)

Senin, 30 April 2012

Resensi “ Menjadi Pembelajar Sejati “


Resensi “ Menjadi Pembelajar Sejati “
Oleh Siti Nur Rachmawati


Nama pengarang  : Purnadina
Nama karya                   : Menjadi Pembelajar Sejati
Penerbit                : Grafina Mediacipta
Tahun terbit                   : April,2010
Tebal Buku          : 228 Halaman
Gambar                : seorang bayi memegang buku
Isbn                      : 978-602-8597-28-9


Ingatlah Teman ; Kegagalan Bukanlah Akhir dari Segalanya

Semua orang di dunia ini pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Apalagi orang yang sudah sukses. Memang kegagalan merupakan hal yang paling di takuti bagi semua orang. Makanya, banyak dari mereka yang menyerah dahulu sebelum mencoba. Namun, pahitnya sebuah kegagalan akan berakhir dengan manis apabila kita tidak mau menyerah. Kesalahan terbesar kita adalah ketakutan untuk melakukan sebuah kesalahan, sehingga kita hanya bisa terdiam dan tidak mau melakukan sesuatu. Orang yang sukses adalah mereka yang telah menghadapi banyak kegagalan di sebelumnya.

Kelemahan Adalah Pemicu Semangat

Di jman sekarang anak-anak sekolah dapat dibagi menjadi 3, yaitu:
Pelajar sejati, yaitu pelajar yang tahu kelemaha dan cara mengatasinya.Jadi buatnya tidak ada cerita jatuh ke dalam lubang yang sama.
Pelajar yang tahu kelemahannya, tetapi tidak tahu cara mengatasinya.Jadi dia bisa jatuh ke dalam lubang yang sama,tetapi dia juga bisa menghindar. Kemudian jatuh lagi.
Pelajar yang tidak tahu dan tidak mau tahu kelemahan dan tidak tahu cara mengatasinya.Tipe pelajar yang nomer tiga ini merupakan tipe pelajar yang hidupnya hanya main-main saja dan tidak jelas tujuannya. Dan termasuk tipe orang  yang masa depanya suram.

Untuk menjadi tipe yang nomer satu, kuncinya tentu saja dengan modal ketekunan dalam bekerja dan belajar. Apapun persoalannya,  pasti akan ada jawabanya. Jadi, kesempurnaan berasal dari titik dimana kita merasakn ketidaksempurnaan itu.

Nikmatilah Hidup Penuh Dengan Masalah

Masalah selalu datang secara tiba-tiba, dan mampu merubah semua hal indah menjadi hal yang penuh kegundahan. Banyak orang  yang  ingin terbebas dari masalah yang membuatnya cemas. Namun, kesuksesan tidak harus dilihat sebagai tidak adanya masalah dan kecemasan. Seorang manusia akan di naikkan derajatnya apabila dia mau dan pernah menghadapi suatu permasalahan. Apalagi kalau masalah itu sangat berat untuknya. Hidup tanpa adanya masalah, seperti air yang mengalir. Selamanya akan menjadi manusia yang biasa-biasa saja dengan jlan hidupnya yang sangat biasa.
Manisnya kesuksesan tidak akan kita nikmati apabila kita tiak pernah merasakan yang namanya kepedihan dan kecemasan. Serta mau menghadapinya dengan segenap kekuatan yang kita miliki.

Tidak Ada Ruang bagi Orang Pesimis

Sikat pesimis mampu merusak sistem mental seseorang atau banyaknya syaraf-syaraf yang tidak berfungsi normal. Sama halnya dengan narkoba. Pesimis bisa menjadi musuh dalam selimut bagi kita, karena ia mampu menghancurkan harapan dan menyurutkan langkah kita untuk mencapai suatu kesuksesan. Jika semakin lama berfikir negatif dan pesimis, kesuksesan akan semakin jauh dari kita. Jadi kita akan menjadi kalah sebelum mencoba.
Sikap pesimis mampu mampengaruhi diri sendiri, tapi juga kepada orang lain.  Karena selain meremehkan diri sendiri, ia juga meremehkan orang lain. Terkadang keistimewaan yang kita miliki bisa mendatangkan godaan untuk diri sendiri. Apalagi kalau orang lain tidak mau menerima keistimewaan kita. Alasanya tuntu saja mereka merasa iri karena tidak bisa seperti kita. Para pemenang adalah mereka yang selalu melihat sisi positif dala segala hal. Jadi kita harus memiliki kekuatan untuk tidak menunjukkan keistimewaan itu.

Buku ini sangat cocok untuk dibaca semua kalangan, khususnya bagi para pelajar. Karena mampu memberikan motivasi tersendiri bagi para remaja tersebut. Apalagi di usia-usia pelajar seperti ini pasti sering  menghadapi masalah-masalah yang sulit untuk ia pacahkan. Selain itu, buku ini juga menggunakan bahasa yang mudah untuk di terima.Namun sayangnya, contoh yang digunakan terlalu banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites