Translate

Quotes

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
(Pramoedya Ananta Toer)

Senin, 30 April 2012

Resensi “ DD Elegi Seorang Penyanyi Dangdut “


Resensi “ DD Elegi Seorang Penyanyi Dangdut “
Oleh Sulistyowati

Nama pengarang  : Ronierays
Nama karya                   : DD Elegi Seorang Penyanyi Dangdut
Penerbit                : Grafina Mediacipta
Tahun terbit                   : Juli 2004
Tebal buku           : 224 halaman
Warna sampul      : cokelat kehitaman
Gambar                : jari tangan
ISBN                    : 978-602-96889-1-7

          Affandi adalah seorang suami, ayah serta pemimpin keluarga yang bisa dikatakan sempurna. 1 anak laki-laki serta 2 anak kembar tak lantas mengurangi rasa sayang terhadap istrinya. Namun Prisyla ternyata tak sepenuhnya melimpahkan sayangnya kepada Affandi. Bahkan anak-anaknya tak jarang merindukan merindukan kasih sayang ibunya. Itulah Prisyla, ia masih saja membuka hatinya untuk mantannya Yohan setelah pernikahannya dengan Affandi selama 8 tahun.
            Hingga suatu hari Prisyla memutuskan untuk pergi dari rumah bersama Yohan. Ia tak mempedulikan lagi tangisan Bara anaknya yang menghalanginya untuk pergi. Setelah beberapa bulan hidup dengan Yohan, tak jarang ia dihantui rasa bersalah terhadap anak-anaknya. Namun itu bukan penghalang kebahagiannya dengan Yohan. Prisyla pun meelai menjajahi dunia tarik suara yang pernah ia geluti dengan di produseri Yohan.
            Suatu hari sikembar Daffa-Diffi yang mulai tumbuh besar mulai menanyakan keberadaan orang yang melahirkan mereka. Affandi yang tak tahu harus menjelaskan apa hanya mampu diam. Sementara Bara dengan nekanya mengaatakan bahwa ibunya telah meninggal saat menyelamatkan mereka di selat Bali dulu. Sikembar hanya bisa pasrah dan tak jarang mereka selalu mengirimkan do’a kepada ibunya.
            Disisi lain Prisyla mulai menemukan jati dirinya kembali sebagai penyanyi dangdut. Sampai 3 asisten pun telah disiapkan oleh Yohan untuknya. Namun Affandi, ia hanya bisa menatap indahnya wajah Bara saat tidur ketika ia merindukan istrinya.
            Affandi tak mau terlarut dalam kesedihannya. Ia ingin menunjukkan kepada Bara, bahwa ia ayah yang kuat. Affandi kini pun sudah sukses dengan usaha rumah makan Banyuwanginya. Bara pun membantu ayahnya. Hingga suatu hari, Prisyla memperoleh perlakuan dari Yohan yang membuatnya larut dalam kesedihannya. Dan itu membuatnya sadar bahwa Affandi merupakan laki-laki yang paling baik yang pernah ia temui. Prisyla berfikir untuk meminta maaf kepada Affandi. Ia pun menyuruh anak buahnya untuk mencari keluarga Affandi.  Hingga akhirnya, Prisyla pun menemukan keberadaan usaha Affandi. Namun di tempat itu yang ia temukan adalah seorang remaja laki-laki yang sudah pati ia yakini sebagai Bara. Bara pun yang melihat terkejut ketika melihat seorang artis yang tak lain adalah ibunya sendiri datang ke restaurannya. Hingga beberapa pertemuan pun ia lakukan tanpa sepengetahuan Affandi.
            Suat hari tanpa sepengetahuan Bara, dengan lancangnya Prisyla menemi Affandi. Affandi terkejut tak dapat berkata apa-apa. Sementara Daffa-Diffi sangat senang karena mengganggap artis idola mereka ternyata mengenali ayahnya. Ternyata pertemuan itu membuat Affandi sedih. Hingga ia sakit jantung yang dideritanya kambuh. Tanpa diketahui siapa pun ternyata Affandi telah meninggal. Paginya, Daffa yang membuka pintu kamar Affandi dan mendapati ayahnya terbujur kaku. Daffa berteriak membuat seluruh isi rumah termasuk Bara mendatanginya. Dan betapa sedihnya mereka.
             Selang beberapa hari prisyla datang. Namun Daffa-Diffi yang mengetahui yang sebenarnya telah benci terhadap Prisyla. Namun Bara berusaha menjadi dewasa dalam masalah ini. Setelah semua masalah Prisyla memutuskan untuk pergi dari rumah.
            Ronierays bukanlah siapa-siapa. Bukan anak pujangga atau anak dari keluarga seni. Berawal dari hobby menulis untuk mengisi waktu senggang, akhirnya selesailah DD. Walaupun sebelumnya ia ditolak oleh beberapa penerbit.
            Novel ini sangat baik untuk dibaca. Banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari kisah nyata ini. Kata-kata yang digunakan juga terlalu rumit.
           Namun kekurangannya pemakaian majas. Disarankan bagi semua untuk embaca novel ini selain untuk hiburan, dapat diambil hikmah dari kisah ini.

2 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites