Translate

Quotes

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”
(Pramoedya Ananta Toer)

Senin, 30 April 2012

RESENSI: Kunci Pribadi MANTAB


Terbit: Juni 2010
Tebal: 252 halaman
Harga: Rp. 40.000,00
Penulis:  Diki Ahmad Zaman

Deskripsi:

“Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk menjadi sosok yang dikenang, meninggalkan kenangan manis, dan nama harum ketika meninggalkan dunia ini. Setiap orang pastilah menginginkan hidup yang sempurna, memiliki uang yang lebih, waktu yang tak mengekang, kesehatan yang prima, cinta yang berlimpah, kebebasan yang tak terbatas, dan kebahagiaan yang terus mengalir. Tetapi, bagaimana cara mewujudkannya?” demikian kutipan buku syarat akan motivasi ini.
Diki Ahmad Zaman (penulis) mengajak pembaca untuk lebih peka terhadap segala hal. Kepekaan itulah yang akan memberikan poin-poin plus dalam jiwa kita. Dalam Kunci Pribadi Mantap, penulis banyak bertutur tentang pengalamanannya. Cerita-cerita yang dia suguhkan, membuat buku setebal 274 halaman ini terkesan mengalir.

“Buku ini adalah ‘kumpulan inspirasi, arah, dan langkah motivasi hidup’ bagi setiap anak manusia yang ingin berhasil dalam hidupnya. Dimulai dari inner inspirasi, lalu dilanjutkan dengan memahami makna hidup, menentukan identitas diri, diikuti memunculkan keinginan, dan akhirnya mengekspresikan dan menikmati hasil. Saya dapat membayangkan, betapa indah dan bermaknanya hidup. Juga memberi kesemarakan dalam kehidupan anak manusia untuk mencapai hidup maksimal, sukses, bahagia, dan damai. Salam power—your power is yourself.”
SARFILIANTY ANGGIANI, S.E., M.M., M.B.A., Motivator Nasional & Pengarang Buku National Bestseller 8 Kekuatan Keunggulan Diri, Jakarta
(Website Leutika)

Beberapa pelajaran yang menjadi sorotan saya dalam buku ini, tertuang pada tiga pembahasan yang bagi saya sangat menarik sekali. Berikut ketiga ulasannya:

1. YAKIN

Untuk mendapatkan kesuksesan seseorang harus memiliki keyakinan dan optimisme.
Kelebihan dari pembahasan ini adalah:
Membuat seseorang dalam berbuat atau melakukan sesuatu penuh dengan semangat, percaya diri serta energi posotif yang mengendap didalamnya mampu tersampaikan dengan baik.

Kekurangan:
Apabila seseorang terlalu yakin dalam melakukan sesuatu, seandainya gagal akan menyakitkan dan kecewa. Perlu diberikan langlkah alternatif dari ulasan apabila suatu keyakinan harus pupus oleh yang namanya kekecewaan.

2. MASTER KEY TO SUCCESS

Mata, mulut, dan telinga merupakan alat/kunci untuk menambah wawasan pengetahuan. Oleh karena itu jangan mengabaikan salah satunya.

Kelebihan:
Mata digunakan untuk melihat kebaikan
Mulut digunakan untuk berbicara kebaikan
Telinga digunakan untuk mendengar kebaikan
Maka dari itu gunakanlah semua itu dengan baik dan jangan di salah gunakan ke hal-hal yang tidak baik.
Apabila mata, mulut, dan telinga digunakan hal yang tidak baik maka hasinya juga tidak akan baik.
 Suatu statement yang menurut saya menyegarkan sekali.

Kekurangan:
Saya masih belum bisa apa kekurangan yang ada di dalam uraian ini.

3. MASA LALU

Masa lalu yang sulit terlupakan oleh seseorang merupakan peristiwa yang sangat berkesan bagi seseorang. Pengalaman merupakan guru yang terbaik untuk meraih kesuksesan.

Ø Masa lalu dapat di jadikan pedoman untuk masa depan
Ø Masa lalu merupakan cermin kehidupan seseorang

Kelebihan:
 Saya paling senang uraian masa lalu ini, berkaitan erat dengan latar belakang saya yang sering enggan berpijak dari dunia masa lampau. sangat cocok dari berbagai ulasan yang ada.

Kekurangan:

Tidak menjelaskan bagaimana menghilangkan trauma masa lalu yang sebenarnya setiap orang kadang sulit meninggalkan ingatannya.
KESIMPULAN:
Buku ini sebenarnya sangat cocok untuk semua kalangan, baik dunia orang tua, remaja maupun ababil-ababil yang masih terbilang perlu dan terus membutuhkan motivasi seperti yang ada di dalam biuku ini. Gaya penulisan  Diki Ahmad Zaman sangat mengalir dan tidak dibuat layaknya menggurui. Sangat pas bagi pecinta buku untuk menambah koleksi benda kotak manisnya.
==================
Fajrin Ilmiyah

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites